Rumah Islami Dengan Desain Interior Ala Oriental Jepang

Menggabungkan konsep Islam didalam rumah dengan balutan interior ala Jepang yang terasa natural dan oriental akan membuat kesan yang special. Ciri Islam Oriental akan sangat hadir di rumah anda.

Interior Jepang

Untuk urusan dunia kita diberikan kebebasan untuk berkreasi, berbeda dengan urusan agama, kita tidak boleh mengarang berkreasi masalah ibadah. Karena agama Islam datangnya dari wahyu jadi ibadah harus dengan tuntunan wahyu pula.

Namun demikian sebagian orang menganggap berkreasi masalah dunia dianggap bid’ah dan terlarang sehingga umat islam menjadi tertinggal , tidak kreatif dan terkesan orthodox. Sebenarnya tidak kalau kita paham tentang Islam. Kebebasan berkreasi masalah dunia asal tidak bertentangan dengan syariat hukumnya mubah atau boleh. Seperti masalah arsitektur dan desain interior. Tidak mungkin desain interior timur tengah harus di pakai di Indonesia. Dengan demikian maka saya mencoba sebuah ide desain interior dengan konsep Islam bergaya Oriental Jepang.

Memadukan dua unsur kebudayaan yang berbeda memang sulit namun bukanlah hal yang tidak mungkin asal anda tahu batasan-batasanya. Ada beberapa karakteristik desain interior Jepang yang mempunyai nilai keindahan dan nilai universal diantaranya;

  1. Warna alami menjadi ciri khas interior Jepang.

Karena kedekatan orang Jepang dengan alam membuat desain interior jepang lebih suka menggunakan warna kayu, atau warna alam.

Jepang interior

  1. Pencahayaan alam.

Ciri lain interior Jepang adalah , rumah Jepang memanfaatkan betul cahaya matahari untuk pencahayaan ruangan baik di dalam maupun di luar rumah. Jadi kalau anda ingin membuat rumah yang hemat energi coba saja gaya interior Jepang.

cahaya alam rumah jepang

  1. Pintu Geser (Shoji).

Pintu geser adalah model tradisional yang cukup unik. Anda bisa memanfaatkan ruangan yang terbatas dengan model pintu geser untuk menghemat ruangan. Misalnya ruang tamu yang anda gabungkan dengan ruang ibadah dengan batasan pintu geser.

  1. Meja rendah tanpa kursi.

Meja rendah dari kayu dengan lantai kayu atau berwarna coklat akan menambah nuansa Jepang. Meja yang biasa digunakan adalah meja lipat yang bisa di geser atau disimpan.

  1. Jalan setapak dengan batu.

Ini digunakan untuk exterior di taman. Orang jepang juga suka dengan tanaman bonsai. Jika dipadukan dengan kolam ikan dan rumput Jepang serta pancuran untuk mengambil air wudhu akan terasa pas dengan konsep Islam.

  1. Orang Jepang suka duduk lesehan.

Kebiasaan ini hampir sama dengan ciri kebiasaan orang Islam yang suka duduk berzikir. Dengan konsep Jepang tidak ada yang merubah kebiasaan orang muslim melakukan ibadah dan aktifitas lainya seperti makan bersama keluarga dengan gaya lesehan.

 

Sedangkan karakteristik Islam ada 8 secara umum ( menurut pendapat saya). Ke 8 karakteristik Islam bisa di padukan dengan desain interior ala Jepang. Sebagai landasan adalah Konsep Islam sabagai acuan utama baru interior Jepang mengikuti konsep yang sesuai dengan syari’at Islam. Diantara 8 karakteristik atau konsep islam adalah sebagai berikut;

  1. Rumah tidak mengandung unsur kesyirikan.
  2. Tidak ada ornament atau gambar makhluk bernyawa.
  3. Desain toilet tidak membelakangi atau menghadap kiblat.
  4. Memisahkan kamar anak laki-laki dengan anak perempuan.
  5. Desain kamar mandi sekaligus ruang ganti.
  6. Terhalang pandangan dari luar untuk menutup aurot anggota rumah.
  7. Orang islam adalah orang yang suka menuntut ilmu.
  8. Menyediakan tempat wudhu dan tempat ibadah.

Dari perbedaan konsep tersebut mungkin sulit memadukanya. Akan tetapi bukanlah sesuatu yang mustahil untuk dilakukan. Bagaimana jika ada orang Jepang yang muslim? Apakah mereka akan mengganti interior mereka ala timur tengah? Tentu tidak mungkin. Sebagaimana orang Jawa muslim. Rumah dijawa sebagian masih mempertahankan bentuk joglo. Bentuk joglo ternyata tidak bertentangan dengan konsep islam. Joglo biasanya digunakan untuk menyambut dan menerima tamu. Orang Islam wajib memuliakan tamunya, disini ada kesesuaian dengan konsep rumah jawa. Demikian juga rumah Jepang, tentu akan bisa menyesuaikan dengan konsep Islam.

funika

One thought on “Rumah Islami Dengan Desain Interior Ala Oriental Jepang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 − eight =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>