Cara membuat Ruangan Tampak Lebih Luas

Menempati ruangan yang luas membuat perasaan jadi lega. Namun, bagaimana ruangan sempit menjadi luas. Untuk menjadikan ruang sempit menjadi lebih luas tentunya dibutuhkan ide kreatif. kunjungi ide unik pot dan vase bunga.

Apa saja yang menyebabkan ruangan menjadi sempit? Sebelum melanjutkan pembahasan cobalah renungkan beberapa hal yang membuat ruangan terasa sempit atau sumpek.

  1. Perabotan rumah yang besarnya tidak proporsional.

Ruangan 4 x 4 m2 dengan perabot sofa yang besar ditambah lemari pakaian yang gak sesuai tempatnya tentu akan menjadi terasa sempit. Belum lagi jika ada kursi serta perabot lain yang ukuranya tidak proporsional dengan lebar dan panjang ruangan.

  1. Penempatan perabot yang tidak sesuai tempatnya.

Kalau anda menempatkan kulkas di ruang tamu mungkin tidak sesuai tempatnya. Ruang yang seharusnya luas jika ada barang-barang yang bukan pada tempatnya juga akan terkesan tidak teratur.

  1. Perabotan yang terlalu banyak.

Anda mungkin pernah melihat ruangan yang banyak sekali hiasanya. Pada saat anda bertamu atau dirumah anda sendiri. Ruangan yang penuh perabotan bukan menjadi lebih indah namun akan membuat terkesan kumuh apalagi perabot tersebut kurang dirawat misalnya berdebu dan sudah tua. Contohnya; anda menempatkan vase bungan sampai 5 buah dalam satu ruangan. Atau memajang foto dari bayi sampai dewasa anggota keluarga anda. Dengan banyaknya foto atau gambar ditembok akan membuat ruangan terkesan sempit meskipun luas.

  1. Model furniture yang ada tidak sesuai dengan bentuk ruangan.

Kalau anda membeli rak buku di toko furniture terkadang ukuranya tidak proporsional ketika ditempatkan dirumah anda. Bisa jadi panjangya melebihi ukuran ruangan yang ada. Akibatnya panjang dan lebar yang tidak sesuai dengan bentuk ruangan akan menghabiskan lahan kosong diruangan anda.

Bagaimana seharusnya mengelola ruangan agar tampak lebih lebar. Berikut beberapa tips semoga bisa menjadi inspirasi yang menjadikan rumah anda lebih lebar dan nyaman;

  1. Gambarlah dahulu desain ruangan yang anda inginkan.

Sebelum membeli atau mengisi perabot, anda harus merencanakan model ruangan yang anda inginkan baik kamar tidur, ruang tamu ataupun dapur. Kalau anda kurang pandai mendesain anda bisa browsing di google atau anda bisa membayar interior desainer. Tapi mungkin kalau untuk pribadi desain saja sendiri akan lebih memuaskan.

  1. Manfaatkan sudut ruangan.Baca ruangan kerja di rumah.

rak sudut unik

Banyak sudut ruangan tidak dimanfaatkan dengan baik. Ada berbagai macam model meja sudut yang akan menghemat ruangan anda. Sesuaikan besarnya dengan lebar dan panjang yang ada.

  1. Cat warna yang tidak sesuai.

Sebaiknya dalam satu ruangan hanya memiliki satu macam warna. Kalaupun berbeda hanya untuk membedakan tembok dengan kusen pintu atau jendela. Sebaiknya warna kusen pintu dan jendela juga mengikuti warna tembok.

  1. Kurangi perabotan yang tidak ada nilai seni dan fungsi yang baik.

Sebaiknya buang atau recycle perabot yang sudah usang. Atau anda cat lagi sehingga terkesan menjadi baru. Jika memang sudah tidak bisa diperbaiki ganti saja dengan yang baru atau diloakin sehingga anda tidak sayang untuk membuangnya.

  1. Pilih furniture yang sesuai dengan panjang dan lebar ruangan.

furniture sesuai dengan ruangan

Kalau memilih furniture dari toko mungkin banyak yang tidak pas. Sebaiknya anda memesan sendiri ke pengrajin sehingga ukuran dan modelnya sesuai dengan selera anda. Pewarnaan furniture juga harus sesuai denga cat ruangan sehingga tidak terkesan kontras.

  1. Pencahayaan yang alami.

Selain menghemat energi listrik, jika anda mendesain ruangan dengam memanfaatkan pencahayaan dari sinar matahari memberikan banyak keuntungan. Ruangan akan terasa lebih luas dan terang.

  1. Buat rak atau lemari yang menghemat lebar ruangan.

Jika anda mempunyai koleksi buku atau file-file penting, gunakan atau buat lemari yang menghemat space. Anda bisa membuat lemari dinding atau memanfaatkan bawah meja.

  1. Pintu geser akan membuat ruangan lebih lebar.

pintu geser

Jika anda mendesain ruangan yang tidak menuntut privacy anda bisa menggunakan pintu geser ala jepang untuk menjadikan ruangan terasa lebih luas. Karena jika tidak diperlukan pintu tinggal digeser dibuka secara otomatis menggabungkan dua ruangan menjadi satu.

sofa lipat

Demikianlah 8 tips menjadikan ruangan agar tampak lebih luas. Semoga anda bisa mengambil banyak manfaat. Jangan bosan kunjungi dapur sebagai pusat sosialisasi.

funika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty + 11 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>