Contoh ide membuat taman vertikal

Vertical garden atau taman vertical adalah model taman yang lahanya tegak. Landsacape taman pada umumnya mendatar namun kali ini vertikal.(Lihat contoh taman model Jepang)

Untuk membuat landscape taman keatas tentu memerlukan media tanam yang berbeda dengan taman pada umumnya. Ada berbagai macam media tanaman yang bisa digunakan. Konstruksi penyangga dan frame taman juga harus kuat, bisa dari tembok, tiang besi kayu atau kawat.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan didalam membuat taman vertical diantaranya;

Konstruksi penyangga.

Anda harus membuat tiang atau konstruksi penyangga sekuat mungkin sehingga taman tidak akan ambruk. Anda bisa memanfaatkan dinding beton yang kuat, pagar besi, atau sengaja anda buat sendiri dari tiang beton ataupun tiang besi. Desainlah sedemikian rupa sehingga kekuatan penyangga mampu menahan beban tanaman, air dan media tanam yang dipakai. Jangan lupa faktor angin dan sehingga taman anda benar-benar kuat.

Frame.

Frame atau bingkai atau pada taman biasa disebut lahan. Berapa luas frame yang akan anda gunakan. Frame bisa berupa tembok, anyaman kawat, pralon atau bahan – bahan lain yang bisa digunakan untuk menempatkan media tanaman.

Media tanaman.

Media tanaman vertical garden tidak jauh berbeda dengan taman biasa. Yang membedakan adalah jenis tanaman yang akan ditanam. Menanam bonsai pohon serut tentu tidak cocok untuk vertical garden. Untuk tanaman tertentu anda bisa menggunakan sabut kelapa, atau sekam yang dicampur dengan tanah. Untuk menempatkan media tanaman anda bisa menggunakan pot bersusun, pralon, atau botol bekas minuman ringan.

Jenis tanaman.

Jenis tanaman tertentu tidak cocok untuk taman vertical. Taman vertikal juga dibagi menjadi dua jenis yaitu indoor garden dan outdoor garden. Tanaman yang cocok di dalam ruangan tentu tidak tumbuh dengan baik di luar ruangan demikian juga sebaliknya.

Pengairan atau pemupukan.

Kalau anda memelihara tanaman di taman konvensional, anda bisa menyiram tanaman setiap hari dengan selang atau ember. Namun penyiraman dan pemupukan pada vertikal garden sebaiknya dibuat otomatis yaitu dengan cara menghubungkan setiap tanaman dengan selang –selang yang akan mengalirkan air dan pupuk. Anda bisa membuat penampungan air yang disalurkan ke akar-akar pohon untuk penyiraman dan pemupukan. Hanya dengan membuka kran selama beberapa menit atau detik semua tanaman harus sudah mendapat pasokan air ataupun pupuk secara merata.

Pencahayaan.

Kelemahan vertikal garden adalah dari segi pencahayaan sinar matahari. Vertikal garden tidak akan bisa mendapatkan sinar matahari secara penuh dari pagi sampai sore hari. Hal ini terjadi karena posisinya yang tegak. Dengan demikian, proses fotosintesis pada tanaman juga tidak bisa maksimal. Untuk mengatasi masalah ini salah satu diantaranya adalah dengan memilih jenis tanaman yang tidak memerlukan banyak sinar matahari.

 

Pada kesempatan kali ini, saya akan mempersembahkan beberapa ide dan contoh membuat taman vertikal atau vertical garden. Dengan 101 contoh yang saya berikan semoga anda akan mendapatkan 101 ide membuat rumah anda lebih indah dengan tanam-tanaman.

 

Dibawah ini ada beberapa contoh dan gambar cara membuat taman vertikal;

1. Taman vertikal sederhana dari kawat dan pot bunga

taman vertikal dari pot

2. Taman vertikal gantung

Karya yang unik dari kawat dan botol bekas untuk membuat tanaman gantung sederhana.

Taman gantung

3. Taman vertikal dari model kantong.

Dengan model kantong-kantong yang ditempelkan didinding, anda bisa menanam sayuran ataupun tanaman obat.

tanaman obat vertikal

4. Tanaman vertikal dengan kawat penyangga.

Kawat yang disusun sedemikian rupa sehingga menjadi tempat untuk meletakan media tanaman.

model taman vertikal

5. Tower gardern

Model yang satu ini memang agak rumit, namun hasilnya ok banget.

taman kerucut

6. taman vertikal pot bersilang.

Susunan pot bersilang pada kawat penyangga nampak rapi dan unik. Saya kira tidak terlalu sulit untuk membuatnya.

vertical garden pot bersilang7. Vertikal garden dari botol bekas.

Botol bekas juga bisa digunakan sebagai media tanam untuk vertikal garden. Jenis tanamanya bisa bunga, sayuran atau herbal.

vertical garden botol bekas

8. Pot bersusun memutar.

Susunan pot memutar, dengan penyangga kawat, ini juga cukup sederhana. Anda bisa mendesain sendiri model yang anda inginkan.

pot memutar

9. Square.

Taman vertikal dengan penyangga box atau kotak dengan besi atau kawat kemudian diisi dengan pot-pot cukup rapi dan menawan.

vertical garden idea

10. Taman vertikal dengan palet bekas.

Kalau anda punya banyak palet bekas, nah sekarang coba buat vertical garden dengan palet bekas tersebut dari pada dibuang percuma.

palet bekas taman vertikal

 

funika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 − seven =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>